Home Opini Membangun Jembatan Transportasi di Papua untuk Menjangkau Masyarakat

Membangun Jembatan Transportasi di Papua untuk Menjangkau Masyarakat

suroso  Senin, 4 Januari 2021 5:6 WIT
Membangun Jembatan Transportasi di Papua untuk Menjangkau Masyarakat

Oleh : John NR Gobai

Pengantar Masyarakat Papua 70% ada didaerah daerah yang jauh dr Kota dan ibukota kabupaten.

Transportasi adalah kunci utama utk menjangkau daerah daerah pelosok pegunungan dan  pantai jauh dr kota, jdi klo Trada itu pelayanan pemerintahan tdk akan merata di Papua, pesawat kecil dan kapal kecil atau perahu motor yang eksklusif sangat diperlukan ingat dulu ada pesawat AMA dan MAF utk daerah rawa dan berair dirancang dapat mendarat di air.

Terobosan yang Perlu Dukungan Terkait transportasi Pola yang dikembangkan oleh Bupati Paniai Meki Nawipa perlu diapresiasi oleh kita semua dan perlu didukung oleh kementerian Perhubungan dengan memberikan dukungan Subsidi penerbangan dan perbaikan bandara bandara yang ada.

Sebuah terobosan juga dibuat oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nduga Ibu Innah Gwijangge yaitu adanya Puskesmas Terbang ini perlu dilakukan dukungan program oleh kementerian kesehatan.

Dahulu Belanda membangun banyak landasan hanya untuk memudahkan pelayanan dan pemerataan pelayanan contoh disekeliling Danau Paniai walau berdekatan dibangun landasan seperti, Enarotali, Obano, Kebo, Epouto, Komopa.

Di Wamena, Kurulu, Woogi, Wosilimo, Piramid.

Daerah daerah yang saya sebut ini berdekatan namun demi pelayanan hal ini harus disediakan.

Dibagian pesisir dahulu ada kapal kecil dari Agimuga ke Kokonao.

Penyediaan fasilitas transportasi sangat penting di Papua, dan harus diadakan oleh pemerintah dan dapat juga oleh swasta yang disubsidi oleh Pemerintah, agar guru dan mantri bisa tiba sampai di tempat tugas, dan bantuan untuk bahan makanan tambahan sebagai stimulan bagi masyarakat dapat sampai di kampung.

Penutup Transportasi udara dan air serta darat sangat diperlukan di Papua agar kita dapat menjangkau masyarakat dan melakukan pelayanan dasar, seperti, pendidikan dan kesehatan serta pelayanan  pemerintah dari dekat kepada masyarakat. (***)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan