Home Dogiyai Masyarakat Meuwodide Papua Harus Sejahtera dari Hasil Hutannya

Masyarakat Meuwodide Papua Harus Sejahtera dari Hasil Hutannya

suroso  Rabu, 13 Januari 2021 6:14 WIT
Masyarakat Meuwodide Papua Harus Sejahtera dari Hasil Hutannya

DOGIYAI - Melalui innovasi dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung tentunya warga masyarakat dan anak cucu nanti, sejak awal mengantisipasi perkembangan Iptek tahun 2021 kiranya dapat meningkatkan  mutu kerja dan kehidupan masyarakat dalam presfektif ekonomi sosial dan budaya.

  Dikutip pernyataan Kepala Dinas Kehutanan dan Konservasi Papua, Yan Orwuseray dalam kegiatan sosialisasi kemarin, mengharapkan pemerintah daerah kabupaten mesti mendukung penuh dan mensukseskan visi misi Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP.,MH dan Wakil Gubernur Papua Klemes Tinal, SE.,MM, Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Melalui bidang tugas instansi teknis, warga masyarakat Papua, pemilik hak ulayatnya harus mampu sejahtera dari hasil hutannya.

Orang senior berpangkat tinggi, orientasinya berpihak kepada masyarakat setempat.

Dikemukakan Melkias Iyowau, S.Hut, dalam sosialisasi di tiga kabupaten Dogiyai, Deiyai dan Paniai, bersama dinas kehutanan dan lingkungan hidup provinsi melalui dinas bersangkutan berani menyusun sejumlah program keberpihakan kepada masyarakat, untuk mensejahterakan masyarakat di tiga kabupaten tersebut khususnya dan Papua umumnya, dari sisi hutan  Iyowau kepada media ini mengatakan, mereka memiliki kekayaan hutan yang  sangat luar biasa, tak boleh kita menjadi miskin diatas kekayaan kita, tentunya di abad 21 ini dari sisi presfektif ekonomi, sosial dan budaya, diterjemahankan kita harus bangkit dari ketertinggalan kita dari hasil hutan kita.

Gubernur mau masyarakat Papua harus bangkit dan mandiri, maka itu  Gubenur Papua dan Wakil Gubernur Papua beranikan diri untuk mengeluarkan ijin usaha pemanfaatan hasil hutan.

  “Hutan alam maupun hutan tanaman yang tidak aktif lagi itu, area mereka yang dikembalikan kepada masyarakat.

Memberikan ruang bagi masyarakat adat, pemerintah daerah dan masyarakat mengelolanya.

Hal itu mesti dipahami pejabat di daerah,” ujar Melkias Iyowau.(don)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan