Home Berita Pilkada Pasca Penetapan DPT, Bawaslu Keluarkan 2 Rekomendasi

Pasca Penetapan DPT, Bawaslu Keluarkan 2 Rekomendasi

suroso  Kamis, 24 Juni 2021 8:2 WIT
Pasca Penetapan DPT, Bawaslu Keluarkan 2 Rekomendasi

NABIRE – Pasca pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) PSU Pilkada Nabire tahun 2020 oleh KPU Nabire, Bawaslu Nabire langsung mengeluarkan dua rekomendasi yang dialamatkan kepada KPU Nabire. Kedua rekomendasi ini berkaitan dengan hasil penetapan DPT PSU Pilkada Nabire tahun 2020.

Data yang dihimpun media ini, rekomendasi nomor 008/PM.02.02/K.Kab.Pa-17/06/2021, Bawaslu Nabire merekomendasikan kepada KPU Nabire agar segera berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire untuk melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih yang telah terdaftar dalam DPS namun belum memiliki e-KTP di Distrik Dipa dan Distrik Menou, terhitung 7 hari setelah penetapan DPT.

Hasil perekaman e-KTP yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire bagi pemilih yang terdapat dalam A.KWK Distrik Dipa dan Distrik Menou setelah disinkronkan dan divalidasi maka akan ditambahkan jumlahnya dalam DPT hasil perbaikan Distrik Dipa dan Distrik Menou.

Rekomendasi Bawaslu Nabire ini didasarkan, memperhatikan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire tahun 2020 yang mana sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, KPU Nabire harus menetapkan DPT PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire tahun 2020 pada tanggal 22 Juni 2021, dengan terlebih dahulu melakukan rekapitulasi DPS hasil perbaikan.

Sesuai hasil pengawasan Bawaslu Nabire terkait perekaman e-KTP untuk pemilih yang terdaftar dalam A.KWK yang belum melakukan perekaman, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire telah melakukan upaya perekaman e-KTP kepada sejumlah warga di beberapa distrik antara lain Distrik TEluk Kimi, Makimi, Napan, Moora, Wapoga, Nabire, Nabire Barat, Wanggar, Yaro, Yaur, Teluk Umat, Siriwo dan Uwapa.

Sesuai dengan waktu perekaman e-KTP yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire yaitu sampai dengan H-1 waktu penetapan DPS hasil perbaikan yang dimulai dari tanggal 19-22 Juni 2021. Maka pada tanggal 18 Juni 2021 pukul 24.00 WIT, Dinas Kependudukan dan Pencatatan SIpil Kabupaten Nabire telah menutup masa perekaman e-KTP bagi pemilih dalam A.KWK.

Sesuai hasil pengawasan Bawaslu Nabire pada saat rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire tahun 2020 yang telah digelar pada Selasa (22/6/21) ditemukan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nabire mengakui belum melakukan perekaman e-KTP bagi pemilih yang terdapat dalam A.KWK yang berjumlah 1.037 pemilih di Distrik Dipa dan pemilih sejumlah 967 di Distrik Menou, dengan alasan terbatasnya waktu dan letak geografis kedua distrik tersebut. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya hak pilih warga pada saat pungut hitung PSU tanggal 28 Juli 2021.

Sementara itu, rekomendasi nomor 009/PM.02.02/K.Kab.Pa-17/06/2021, Bawaslu Nabire merekomendasikan kepada KPU Nabire agar segera melakukan perbaikan terhadap DPT Kelurahan Nabarua Distrik Nabire.

Didasakan pada, memperhatikan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire tahun 2020 yang mana sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, KPU Nabire harus menetapkan DPT PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire tahun 2020 pada tanggal 22 Juni 2021, dengan terlebih dahulu melakukan rekapitulasi DPS hasil perbaikan.

Sesuai hasil pengawasan Bawasalu Nabire, KPU Nabire menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan DPT PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nabire tahun 2020, saat PP Nabire membaakan rekapitulasi DPS hasil perbaikan. Maka ditemukan adanya keberatan yang disampaikan tim pasangan calon 02 terkait daftar pemilih sejumlah 167 orang, yang beralamat sesuai e-KTP di Distrik Nabaruan, ternyata di dalam DPSHP terdaftar sebagai pemilih di kelurahan yang tidak sesuai dengan alamat domisili. Selanjutnya dilakukan pengecekan terhadap tanggapan masyarakat yang masuk kepada PPS Nabarua oleh PPD, KPU Nabire yang diawali oleh Panwas Distrik Nabire maka diketahui bawha sejumlah 167 pemilih dalam DPS hasil perbaikan adalah benar pemilih yang bertempat tinggal sesuai e-KTP di Distrik nabarua. (ros)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan