Home Pemda Dogiyai Ketua RPMP Simapitowa Soroti Pemekaran Kampung dan Distrik di Dogiyai

Ketua RPMP Simapitowa Soroti Pemekaran Kampung dan Distrik di Dogiyai

suroso  Rabu, 30 Juni 2021 6:3 WIT
Ketua RPMP Simapitowa Soroti Pemekaran Kampung dan Distrik di Dogiyai

NABIRE - Pemekaran sejumlah kampung dan distrik di Kabupaten Dogiyai hingga akhirnya pada Sabtu (26/6/21) Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa melantik para Kadistrik, dianggap sebagai pintu genosida Orang Asli Papua (OAP), khususnya Suku Mee yang berdomisili di Kabupaten Dogiyai terbuka lebar. 

Hal itu dikatakan Ketua Rumpun Pelajar Mahasiswa dan Pemuda asal Siriwo, Mapia, Piyaiye, Topo dan Wanggar (RPMP Simapitowa) Pusat di Kota Jayapura, Yosep Tebai. Kata dia, pemekaran tersebut dilakukan demi kepentingan pribadi, namun fatal bagi rakyat dan alam setempat.

”Yang jelas diperjuangkan oleh elit-elit politik di atas penderitaan masyarakat Dogiyai,” ujar Yosep Tebai kepada jurnalis wagadei.com di Jayapura, Senin (28/6/21). 

Dikatakan Yosep Tebai, pemekaran itu seharusnya datang karena melalui musyawarah kampung dan distrik bersama masyarakat pribumi. Namun yang terjadi, tanpa diadakan musyawarah bersama dengan masyarakat pribumi. Alias tanpa diadakan koordinasi bersama lalu dimekarkan.

Ia menegaskan pihaknya telah menolak pemekaran daerah kampung, distrik dan kabupaten bahkan provinsi. Namun permintaan pihaknya itu dijawabnya dengan dihadirkan sejumlah kampung dan distrik. 

“Kami pernah demo tolak pemekaran wilayah, bahkan itu dilakukan pada bulan Februari dan bulan Maret 2021 hingga DPRD Kabupaten Dogiyai antarkan aspirasi penolakan itu ke tingkat Provinsi Papua. Tetapi aspirasi penolakan itu justru hadir pemekaran dan di dalamnya dikerjakan oleh DPRD Dogiyai yang ikut tolak itu termasuk Bupati Dogiyai,” ujarnya. 

Senior RPMP Simapitowa, Hengki D. Mote menyampaikan, usulan pemekaran masyarakat tidak pernah tahu. Setelah ada pemekaran lalu masyarakat kaget. Menurutnya, pemekaran adalah insiatif bupati dan DPRD Kabupaten Dogiyai.

“Kami menilai bahwa di Dogiyai tidak ada pembangunan satupun, hingga kami mempertayakan kepada bupati sumber dana dari mana atas pemekaran delapan distrik ini ? Karena pemekaran membutuhkan dana yang cukup banyak,” kata Mote. 

Pihaknya menduga ada permainan dengan sejumlah pihak yang hendak  menghancurkan masyarakat dan tanah Kamu Mapia.

“Penolakan Otsus dan pemekaran sudah jelas, kami menduga dan kerja sama dengan pihak-pihak tertentu supaya kita habis,“ ucapnya. 

Pihaknya tetap menolak sekalipun sudah ada kepala distrik yang telah dilantik oleh Bupati Dogiyai. (modes)

suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan