Home Pemda Dogiyai Banyak Kaum Muda Terpilih di Dogiyai *Germanus : Orang Boleh Muda Watak Harus Dewasa

Banyak Kaum Muda Terpilih di Dogiyai *Germanus : Orang Boleh Muda Watak Harus Dewasa

suroso  Kamis, 8 Juli 2021 6:28 WIT
Banyak Kaum Muda Terpilih di Dogiyai  *Germanus : Orang Boleh Muda Watak Harus Dewasa

DOGIYAI - Setelah proses penghitungan hasil perolehan suara selesai dipuluhan kampung pada penyelengaraan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di Kabupaten Dogiyai, Rabu (7/07/21), rupanya dewi fortuna memihak pada kaum muda yang mencalonkan sebagai kepala kampung. 

Dari data yang dihimpun Papuapos Nabire, ternyata banyak kaum muda yang terpilih (memenangkan) sebagai kepala kampung. Misalnya di Distrik Kamu Utara dari 10 kampung, 9 jabatan kepala kampung direbut kaum muda. Selain itu, di Distrik Kamuu dari 8 kampung 6 kampung dimenangkan oleh kaum muda. Begitu pun informasi yang diterima awak media hampir semua jabatan Kakam direbut kaum muda.

Germanus Goo, Ketua Dewan Adat Kabupaten Dogiyai mengatakan, dirinya tidak berkeberatan dengan hasil puncak pesta demokrasi pada Pilkakam serentak Kabupaten Dogiyai. Ia berkata, jabatan Kakam siapa saja berhak duduk asalkan terpilih (boleh anak muda menjadi kakam) namun dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta dalam mengatasi permasalahan sosial kemasyarakat harus bertindak dewasa.

Dia berharap, kaum muda yang terpilih wajib hukumnya untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang sering dipertontonkan dalam kehidupan bermasyarakat. Waktunya untuk berubah secara totalitas karena jabatan kepala kampung adalah pejabat kampung (orang nomor 01) di kampung tersebut yang mesti menjadi teladan dan panutan bagi warga kampung.

“Kebiasaan lama yang tidak baik yang selama ini buat-buat itu harus berubah. Kamu dipilih jadi kepala kampung itu menjadi orang tua kampung itu. Bagaimana kalian mau memimpin dan menjadi teladan kalau kelakuan tidak berubah,” kata Germanus kepada Papuapos Nabire, Rabu (7/07/21) di Moanemani.

Germanus meminta kepada kaum muda yang terpilih pada Pilkakam serentak mesti bekerja sama dengan aparat kampung yang lama. Agar mendapatkan suntikan pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankan tugas pokoknya maupun dalam menangani persoalan sosial kemasyarakat yang hampir tiap saat menjadi langganan. 

Dikarenakan kaum muda yang terpilih minim pengalaman dalam menjalankan tugas-tugas pokoknya sebagai kepala kampong. Germanus kembali menyarankan untuk jabatan sekretaris kampung minimal diisi oleh sarjana-sarjana (S1), agar para sarjana membantu menopang kakam terutaman dalam beradministrasi.

“Selain itu, Pemkab harus memberikan bimbingan teknis berkaitanya dengan tugas mereka. Kemudian harus juga membina watak spiritual mereka, agar lambat laun mereka bisa jadi dewasa dalam merespon setiap persoalan di masing-masing kampung,” pinta Germanus. (eby)

suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan